Kamis, 13 September 2012

Cacat Sempurna


“Justru sebuah ‘cacat’, membuat sesuatu begitu sempurna.” Joker-by Valiant Budi.

Pernah nggak ada seseorang tiba-tiba nanya, “Apa sih yang membuat kamu suka sama dia?”
Terus kalian diem...lama banget. Mencoba mencari cari apa yang membuat kalian jatuh cinta sama dia. Mencari satu alasan masuk akal, tapi bukan jawaban yang standar. Akhirnya kalian pasrah dan cuma bilang, “Hm..nggak tahu juga ya.”
“Bagus.” Kata temenku, Salman, waktu dia tanya apa yang ngebuat aku suka sama seseorang.
“Kenapa?”
“Orang yang jatuh cinta beneran nggak akan pernah punya alasan kenapa mereka bisa jatuh cinta. Yang mereka tahu mereka cuma falling, terjatuh. Cinta nggak perlu alasan. Dan kamu nggak punya alasan juga buat nggak jatuh cinta sama dia.”
Aku ndoweh sebentar, berusaha mencerna.
“Mbulet ya?” Salman ketawa.

Terus ada lagi yang tanya sama kalian, “Apa sih yang kamu liat dari dia? Kok bisa sih suka sama orang kayak gitu?”
Hmm terus kalian membayangkan orang itu di kepala kalian. Dari mukanya, badannya, kakinya, ketawanya, sampai cara jalannya. Mencoba melihat dia dari sudut pandang yang umum, bukan dari sudut pandang kalian sendiri. Kalian berusaha membayangkannya tapi...ah, gagal. Orang itu selalu tampak bersinar dan istimewa bahkan di bayangan kalian sendiri. Semuanya terlihat sempurna, tidak ada yang biasa.
Aku senyum-senyum sendiri ngebayanginnya, sampai Sapi, temenku, nyenggol tanganku karena udah nggak sabar denger jawabanku.
“Jadi, apa yang kamu lihat dari dia?” Sapi mengulang pertanyaannya.
“Aku ngelihat semua yang nggak kalian lihat dari dia.”
SO-MUCH-WIN.

Atau mungkin...ada yang pernah ngejek kalian gara-gara orang pilihan kalian itu banyak kekurangannya?
“Ih, kok mau sama orang item kayak gitu?”
“Ih, bibirnya dower gitu kok ditaksir.”
“Kok ketawanya alay gitu sih?”
“Kok pendek? Entar nyiumnya susah lho.”
Tapi kalian nggak malu sama sekali. Kalian malah dengan bangganya membuat semua kekurangan itu terihat indah. Tapi sayangnya teman-teman kalian nggak paham, ya? Ya, karena yang bisa membuat semua kekurangan itu menjadi sebuah kelebihan cuma kalian. Ada beberapa hal yang membuat ketidaksempurnaannya malah terlihat sempurna di mata kalian.
Mungkin saja kita tertarik sama seseorang gara-gara melihat kekurangannya?
Sebuah ‘cacat’ dari diri seseorang nggak selamanya buruk, kok. Ada yang ‘cacat’nya malah jadi pelengkap di hidup kalian. Menjadi sebuah pembeda antara dia dan orang lain.  Menjadikan dia....oh sungguh spesial :)

1 komentar: